Pantai Baron, Fun – Fish – Food

Bicara tentang pantai di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Ketika saya masih kecil, tidak banyak pilihan pantai yang menarik. Sebagian besar masih belum dibuka atau diurus.

Sekarang kondisinya sangat berbeda. Mungkin saya harus angkat topi ke Disbudpar Gunung Kidul, Bupati, dan para stakeholder. Pariwisata Gunung Kidul sangat maju sekarang.

Pantai paket komplit

Oke, kembali ke topik. Pantai Baron ini adalah pantai yang sudah lama dibuka. Saya berkali-kali ke pantai ini sejak kecil, jadi tahu perkembangan apa saja yang ada disini.

Kenapa saya sebut paket komplit? Sebab, seperti judul, hasrat anda untuk have fun, cari ikan dengan harga murah, dan makan seafood bisa terpuaskan disini.

It’s Fun

Bagi saya, Baron cocok untuk anda yang ingin lihat pantai, main air, naik perahu, atau sekedar jeprat-jepret.

img_20170212_112657

Tengok barat ada perairan yang menjorok masuk. Daerah ini relatif lebih aman untuk bermain air.

Ada perairan dangkal yang menjorok masuk, dikelilingi dinding alam (bukit), yang bisa dipakai untuk main air. Airnya bersih, tidak ada sampah. Bagi yang punya momongan, jangan lupa selalu ditemani ya.

Tentunya jangan sembarangan masuk ke perairan, mengingat ini pesisir selatan yang langsung menghadap Samudera Hindia, arus balik yang tidak terduga dan ditambah kontur pantai yang melandai.

Kalau pantai sedang ramai dikunjungi, misal saat weekend atau liburan, banyak nelayan yang menyewakan perahunya untuk dipakai muter-muter seputar pantai. Tidak harus dalam group, boleh penyewa individual, tetapi biasanya menunggu kuota terpenuhi (min 6 orang). Biayanya saya lampirkan di akhir tulisan ini.

img_20170212_112210

Naik perahu begini yang saya maksud.

Oh ya, pengelolaan pantai ini sepertinya sangat memperhatikan keselamatan pengunjung. Contohnya terdapat pos tim SAR, berikut dengan ambulan dan mobil-mobil mereka. Tim SAR ini selalu waspada. Anda akan disemprit apabila terlihat mulai memasuki perairan dalam.

Lalu life jacket (rompi apung) yang WAJIB dipakai oleh siapapun yang menyewa perahu. Life jacket dan pelampung ini turah-turah (banyak sekali) loh, jadi tidak ada alasan anda tidak memakai apabila menyewa perahu.

Bagi yang suka foto-foto, ada beberapa spot menarik disini. Contohnya properti-properti dibawah ini.

img_20170212_112919

Salah satu properti untuk foto. Di bagian atas foto ada mercu suar yang saya maksud. Kelihatan kan?

Di bukit sebelah timur pantai ini, terdapat mercu suar yang cukup tinggi. Aktif dan terawat. Spot fotografi yang bagus Terakhir kali saya naik bukit tersebut, pengunjung masih diperbolehkan naik mercu suar. Tak tahu sekarang bagaimana.

There are lot of fish, and it’s not pricey

Alasan utama saya ke pantai Baron sebetulnya tak lain adalah ikannya. Murah sekali dibandingkan supermarket dekat rumah saya. Baru seminggu lalu dapat kerapu 5.5 kg yang masih hidup dengan harga Rp 200.000,00. Sounds too good to be true? Kenyataannya begitu.

img_20170212_111630

Salah dua dari kios ikan. Ingin minta sekalian dimasakin dan dimakan di pantai? Bisa!

Yang penting pintar-pintar menawar harga. Ikan bisa didapat di kios-kios seperti dibawah ini atau dari nelayan langsung. Kalau anda melihat kapal yang baru berlabuh, langsung samperin.

Untuk anda yang hobi berburu ikan seperti saya, jangan kesiangan datang ke pantai ini. Nelayannya sudah berlabuh dan ikan di kios-kiosnya sudah dihinggapi lalat atau sudah tidak segar.

Good food, good price

Pilihan snack dan makanannya beragam, dari cilok, pop mie sampai warung-warung seafood yang berderet. Harganya normal, tidak mahal, bahkan cenderung murah untuk ukuran daerah wisata. Normal untuk umum, senormal-normalnya harga penjual seafood di tempat lain. Jadi anda bisa tenang kalau lapar disini. Seingat saya warung-warung disini menulis harganya di menu. Kalau tidak ada harganya ya tinggal ditanya. Jangan malu-malu.

Selain ikan, alasan saya kesini adalah karena pisang. Ya, pisang. Sebagai seseorang yang kecanduan pisang goreng, saya tidak bisa menampik bahwa rasa pisang daerah pesisir Gunung Kidul ini memang TOP. Apalagi pisang kepok kuning dan raja.

img_20170212_114101

Very tempting.

Biasanya per lirang (sisir) pisang kepok kuning ditawarkan dengan harga pembuka Rp 17.000,00. Pintar-pintarlah menawar. Saya kemarin dapat dengan harga Rp 55.000,00 untuk 5 sisir pisang.

Too much to tell in one post

Masih banyak sepertinya yang belum saya ceritakan. Bersih, ada tempat sampah dimana-mana. Deretan kios cendera mata, snack, seafood dan lainnya yang rapi. Penjaja payung pantai tancap, kacamata, topi. Ada tempat rindang didepan pantai. Tempat duduk cukup banyak, toilet bersih melimpah. Ada hotel yang cukup besar dan nampak mewah, masih di kompleks pantai. Tempat parkir pun luas.

Long story short, pantai Baron ini salah satu paket komplit untuk wisatawan dari semua kalangan. Perfect place for finding fun, buying fishes, and for foodist.

Biaya

Retribusi masuk Per orang Rp 10.000,00
Parkir mobil Per unit Rp 5.000,00
Parkir motor Per unit Rp 2.000,00
Sewa perahu seputar pantai Per orang Rp 10.000,00
Sewa perahu lepas pantai Per orang Rp 20.000,00

Lokasi

Leave a Reply

