T2SP, MRE Ekonomis – Paket Komplit!

Wah, tumben menulis tentang ransum? Bukankah blog ini tentang jalan-jalan? Betul. Tetapi jangan lupa, jalan-jalan serta tips dan trik seputarnya.

Bagi saya, dimanapun selama situasi memungkinkan, wajib hukumnya makan tepat waktu. Termasuk saat jalan-jalan ke manapun.

Tetapi sayangnya, terkadang kita harus masuk daerah terpencil yang tidak ada warung makan. Jangankan warung, orang saja tidak nampak. Disitulah kemudian muncul kebutuhan saya terhadap makanan cepat saji dan praktis.

Meals, Ready to Eat

Kebetulan saat scrolling di Instagram, ada seorang kawan yang posting tentang MRE (Meals Ready to Eat) untuk tentara Amerika Serikat. Menarik dilihat, pun juga sepertinya rasanya enak. Satu kemasan terdiri dari beberapa bungkus menu makanan. Tetapi sayangnya, bagi saya harganya tidak realistik untuk kebutuhan touring.

Iseng saya searching di toko-toko online, ada ransum T2SP, ransum default untuk TNI. Wah saya jadi ingat T2FD aka nasi bantal yang dulu sering dibawa pulang oleh saudara. Rasa nasi bantal ini biasa banget, kalau tidak mau dibilang tidak enak, meskipun judulnya mengundang selera, misalnya “Nasi Kare Ayam”, dan sebagainya. Itulah sebabnya saya skeptis duluan ketika melihat nama ransum T2.

Tetapi kemudian, saya menemukan beberapa hal menarik. Menu nasinya lebih beraneka ragam dan tidak dalam kemasan plastik “bantal”, melainkan dalam kaleng. Ulasan ransum tersebut menyebutkan satu box T2SP berisi 3 nasi kaleng berbagai menu, enertab (makanan padat bentuk tablet), enerkit (biskuit) dan minsertan (minuman serbuk instan). Dilengkapi juga dengan kompor lapangan dan BBP (bahan bakar padat/parafin). Saya pikir, paket yang menarik. Dengan harga Rp 60.000,00 dapat semua itu. Belum termasuk ongkir dari Surabaya ke Yogya ya.

Singkat cerita klik dan bayar. Mungkin saya akan dapat harga lebih murah kalau saya langsung ke Pasar Angkasa di Janti, dekat kompleks TNI Angkatan Udara itu. Tapi karena saat itu sibuk, maka jadilah pesan online dari luar kota.

Impresi awal

Setelah menunggu empat hari, sampailah pesanan saya. Impresi pertama, berat juga paket ransum ini.

20170211_140848

Kemasan luarnya berbentuk box. Korek api sebagai pembanding ukuran.

Segera saya buka untuk melihat seperti apa sih yang saya dapat dari T2SP ini. Ternyata nasi kalengnya tidak sebesar dugaan saya. Lebih kecil dan ramping. Lalu untuk enertab dan enerkitnya ternyata justru lebih besar dari dugaan saya. Kalau minsertan ukuran sachetnya standar. Per box T2SP ini diisi 3 kaleng nasi, 6 tablet enertab, 4 keping enerkit, dan 4 jenis minsertan.

20170211_141605

Isinya seperti ini.

Lantas bagaimana review dari masing-masing makanan tersebut? Tunggu reviewnya di post berikut ini :

Nasi Kaleng T2SP, Surprise #1

 

Leave a Reply

