Lumpia Sarijaya Malioboro, Nampak Bersahaja, Nikmat dalam Rasa

Sewaktu saya jalan-jalan di Malioboro, perhatian saya tertarik pada kerumuman orang di depan sebuah lapak makanan di pinggir jalan Malioboro. Lapaknya nampak biasa, namun sepertinya sajiannya ditunggu banyak orang. Coba mendekat, ternyata lapak tersebut menjual lumpia.

Lumpia Sarijaya Malioboro ini sudah ada sejak lama. Harga yang tergolong murah dan rasa yang nikmat menjadi daya tarik utamanya. Menunya tidak muluk-muluk, hanya ada lumpia ayam dan lumpia spesial. Lumpia ayam berisi daging ayam cincang dan sayuran, sementara lumpia spesial sebetulnya lumpia ayam yang isian ayamnya lebih banyak lagi. Anda bisa makan lumpia ini ditempat, maupun dibawa pulang.  

Karena penasaran, saya mencoba satu lumpia ayam dan satu lumpia spesial. Tak lama kemudian, pesanan saya datang.

20170218_113557

Beginilah rupa dari Lumpia Sarijaya ini.

Sausnya dari bawang dihaluskan dengan sedikit garam. Menurut saya, rasanya lebih istimewa di isiannya karena rasanya yang gurih namun tidak membuat eneg. Sementara itu, kulitnya terlalu tipis menurut saya. Digoreng jadi crispy banget.

Mungkin malah menjadi favorit bagi penggemar kulit lumpia crispy.

Bagi anda yang memperhatikan kebersihan tangan, dianjurkan membawa tisu dan hand sanitizer. Malioboro masih kekurangan fasilitas untuk cuci tangan.

Lumpia Sarijaya ini sebetulnya tidak memiliki nama. Hanya saja karena terletak di depan Toko Sarijaya, maka dinamailah Lumpia Sarijaya. Gerobaknya mungkin agak susah ditemukan. Cara paling mudah adalah dengan menuju ke toko Liman. Semua warga Malioboro pasti tahu toko plastik dan karpet yang terkenal ini. Ketika sampai di depan toko, lihat ke arah timur. Anda akan menemukan Lumpia Sarijaya di seberang jalan.

Lumpia Sarijaya ini buka sampai malam. Teman saya ternyata pernah mengunjungi juga sekitar jam 19.00 dan sajiannya masih komplit. Selain lumpia sebagai sajian utama, Lumpia Sarijaya ini juga menyediakan minuman, seperti es teh dan jeruk.

Biaya

Lumpia ayam Per pcs IDR 3,500
Lumpia spesial Per pcs IDR 4,000
Minuman Per gelas IDR 3,000

Lokasi

Leave a comment